Pada masa awal Pandemi Covid-19 lalu kita sama-sama dikagetkan dengan berita munculnya kenaikan harga masker sebagai suatu alat untuk mencegahan penyebaran virus Covid-19. Dalam situasi Pandemi Covid-19 di Indonesia, kegiatan jual membeli untuk barang-barang tertentu muncul dalam jumlah yang cukup tinggi. Karakteristik konsumsi publik pun berubah. Bukan hanya dari sisi bisnis saja, kecenderungan konsumen yang beralih ke transaksi lewat toko daring pun berdampak di sisi perlindungan data pribadi konsumen. Dinamika kasus konsumen pada masa Pandemi Covid-19 muncul secara berbeda.
Institusi-institusi yang bergerak di bidang perlindungan konsumen, baik pemerintah ataupun swasta dibanjiri oleh pengaduan-pengaduan masyarakat terkait dengan masalah perlindungan konsumen pada masa ini. Modul “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Hak-Hak Konsumen; Sebuah Panduan Akses terhadap Keadilan” ini disusun untuk menjelaskan kepada masyarakat luas termasuk kelompok masyarakat yang terbilang rentan, tentang hak-hak apa yang dipegang mereka khususnya dalam kegiatan transaksi jual beli serta mekanisme-mekanisme apa yang dapat ditempuh jika hak mereka dalam kerangka perlindungan konsumen terlanggar.
Unduh disini